PESONA KAMPAR, Upaya Serius BPS Kampar dalam Membangun Statistik Sektoral yang Berkualitas - News - BPS-Statistics Indonesia Kampar Regency

Selamat Datang Sahabat Data!! Bagi Pengguna data BPS Kabupaten Kampar (Januari 2024 s.d sekarang), diharapkan partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data 2024 pada link berikut https://s.bps.go.id/SKD2024_1406. Jawaban anda membantu kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami, Terima Kasih. 

PESONA KAMPAR, Upaya Serius BPS Kampar dalam Membangun Statistik Sektoral yang Berkualitas

PESONA KAMPAR, Upaya Serius BPS Kampar dalam Membangun Statistik Sektoral yang Berkualitas

June 11, 2024 | Other Activities


Bertajuk PESONA KAMPAR (Pembinaan Statistik Sektoral di Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar), BPS menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas data statistik sektoral melalui pembinaan terhadap 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terpilih di lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar. Acara Pembinaan yang dilaksanakan pada hari Selasa (11/06/2024) di Hotel SR Altha Bangkinang ini diikuti oleh peserta yang merupakan penanggung jawab data statistik dari masing-masing OPD. Harapannya dengan adanya pembinaan kepada para penanggung jawab data, maka kualitas pengelolaan data statistik sektoral dapat semakin ditingkatkan dan amanah Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dapat terwujud.

Materi pembinaan PESONA KAMPAR dibawakan oleh tiga narasumber dari Bappeda, Diskominfo, dan BPS Kabupaten Kampar. Pada sesi pertama, “Evaluasi Satu Data Kampar” dibawakan oleh Dhesy Elyanti, SE, M.Si dari Bappeda yang menjelaskan tentang evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan program Satu Data Kampar dengan capaian dan tantangan yang telah dihadapi selama ini. Sesi selanjutnya, “Portal Satu Data Kampar” dibawakan oleh Benny Putra, S.Kom, yang menjelaskan mengenai perkembangan dan fitur dari Portal Satu Data Kampar. Selain materi tersebut, dibawakan juga materi pengenalan penggunaan SPLP (Sistem Penghubung Layanan Pemerintah) dalam integrasi data antar instansi pemerintahan. Sesi terakhir dibawakan oleh Ridhayani Sinaga, SST dari BPS Kabupaten Kampar dengan materi Metadata Statistik dan Rekomendasi Statistik dimana materi ini penting untuk diketahui OPD selaku produsen data yang memiliki kewajiban untuk melengkapi metada untuk setiap produk statistik yang dihasilkan dan melakukan pelaporan kegiatan statistik kepada BPS melalui pengajuan rekomendasi statistik. Pada akhir sesi, dilakukan pengisian form pengajuan rekomendasi statistik pada website Romantik BPS agar kegiatan statistik yang diajukan mendapat rekomendasi BPS sebagai pertanda bahwasannya kegiatan statistik tersebut telah dilakukan sesuai dengan kaidah statistik yang baik dan benar.

Pada akhir sesi, BPS Kabupaten Kampar menganugerahkan Sertifikat Apresiasi kepada OPD yang berperan aktif dalam kegiatan EPSS 2024 dan Pelaporan Romantik 2023. Diskominfo, Bappeda, dan Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar mendapat Sertifikat Apresisasi EPSS 2024 sebagai Tim Penilai Internal dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) di lingkungan pemerintahan daerah Kabupaten Kampar. Sementara untuk apresiasi pelaporan Romantik 2023 dianugerahkan kepada Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kampar, Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan, dan Diskominfo Kabupaten Kampar.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar (Statistics of Kampar Regency)Jl. Jenderal Sudirman Bangkinang

Telp: (0762) 20046

Fax: (0762) 20046

Email: bps1406@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia