Pelatihan Petugas Sakernas Untuk Data Yang Berkualitas - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar

Selamat Datang Sahabat Data!! Bagi Pengguna data BPS Kabupaten Kampar (Januari 2024 s.d sekarang), diharapkan partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data 2024 pada link berikut https://s.bps.go.id/SKD2024_1406. Jawaban anda membantu kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami, Terima Kasih. 

Pelatihan Petugas Sakernas Untuk Data Yang Berkualitas

Pelatihan Petugas Sakernas Untuk Data Yang Berkualitas

22 Juli 2024 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Kampar telah selesai menyelenggarakan Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024 di Hotel Furaya pada tanggal 17-19 Juli 2024 yang lalu. Pelatihan ini digelar dengan tujuan untuk membekali petugas akan pemahaman konsep dan definisi yang seragam serta bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dalam pendataan. Hal ini penting agar data yang dikumpulkan petugas berkualitas dan dapat memotret situasi ketenagakerjaan di Kabupaten Kampar secara valid dan objektif.

Pendataan SAKERNAS diadakan dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus dimana keduanya berbeda dalam menyajikan level indikator ketenagakerjaan yang dihasilkan. Untuk bulan Februari, indikator yang dihasilkan ada di level nasional dan provinsi, sementara bulan Sakernas  sampai ke level kabupaten/kota dimana hal ini menyebabkan sampel yang dibutuhkan juga menjadi lebih besar cakupannya. Sakernas Agustus membutuhkan sampel sebanyak 30.788 Blok Sensus (BS) atau sekitar 307.880 rumah tangga yang tersebar di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota di wilayah Republik Indonesia. Selain itu, mulai Sakernas Februari 2024, pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan moda computer-assisted personal interviewing (CAPI) yaitu dengan aplikasi FASIH, kecuali pada 20 kabupaten/kota di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yang masih menggunakan moda Paper and Pencils Interviewing (PAPI). Namun pada Sakernas Agustus 2024, moda CAPI digunakan di seluruh provinsi tanpa terkecuali. 

Pendataan Sakernas Agustus di Kabupaten Kampar sendiri mencakup 68 Blok Sensus yang dikerjakan oleh 27 Petugas Lapangan (PPL) dan 14 Petugas Pemeriksa Lapangan (PML). Para petugas akan memanfaatkan gawai pribadi yang telah terinstal FASIH dalam melakukan pendataan lapangan (BYOD-Bring Your Own Device). Peralihan metode ini tentu menjadi tantangan besar bagi petugas yang terbiasa menggunakan kuesioner kertas, namun kiranya tantangan tersebut dapat teratasi melalui pelatihan petugas yang telah diselenggarakan. Kedepannya juga BPS bertekad untuk lebih memanfaatkan teknologi informasi dalam setiap pendataannya sehingga diharapkan para mitra statistik dapat mulai belajar terbiasa dalam menggunakan gawai sebagai moda pendataan.

Pendataan lapangan Sakernas Agustus 2024 akan dimulai serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 25 Juli 2024 yang diawali dengan pemutakhiran daftar rumah tangga blok sensus. Kiranya seluruh rangkaian pendataan Sakernas Agustus 2024 dapat  berjalan dengan baik untuk menghasilkan data indikator ketenagakerjaan yang berkualitas demi perencanaan kebijakan ketenagakerjaan yang tepat guna dan bermanfaat. Terimalah petugas dengan tangan terbuka, berikan data yang sebenar-benarnya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar (Statistics of Kampar Regency)Jl. Jenderal Sudirman Bangkinang

Telp: (0762) 20046

Fax: (0762) 20046

Email: bps1406@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik